PEMASARAN
Dasar
dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan
disiplin pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber
daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan
lingkungan.
a.
Konsep Pemasaran
Konsep baru pemasaran dan Empat ”P”
. Product, Price, Place, and
Promotion.
b.
Konsep Strategis Pemasaran
Konsep strategis pemasaran merupakan
suatu perkembangan yang besar dalam sejarah pemikiran pemasaran, mengubah fokus
pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks lingkungan
eksternal yang lebih luas.
c.
Tiga Prinsip Pemasaran
Inti dari pemasaran dapat diringkas
dalam 3 prinsip dasar :
1.
Mengidentifikasikan
tujuan dan tugas pemasaran.
2.
Kenyataan
persaingan dari pemasaran.
3.
Berbargai
cara utama untuk mencapai 2 prinsip utama
d.
Tahap-Tahap
dari Pemasaran Domestik Ke Pemasaran Global/Transnasional
1. Pemasaran Domestik
Pemasaran yang secara nyata
ditunjukkan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran domestik. Orientasi
mereka adalah bersifat “ETHNO
CENTRIC”, yaitu bahwa sifat pasar atau
Konsumen dimanapun akan sama , sehingga manajemen memandang pasar Domestik
padat dengan peluang yang jauh lebih aman.
2. Pemasaran Ekspor
Adalah tahap pertama untuk
menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasar ekspor menjadikan pasar di
luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalan negeri
untuk memasok pasar ini. Fokus dalam tahap ini adalahmenafaatkan produk dan
pengalaman dalam negeri.
3. Pemasaran Internasional
Bertindak lebih jauh lagi dari
pemasara ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam
negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
4. Pemasaran Multinasional
Organisai pemasaran internasional
mulai dengan menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.
5. Pemasaran Global / Transnasional
Menfokuskan pada pemanfaatan asset,
pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian
pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap negara. Konsep ini
mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.
STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL
a) Melakukan Ekspor-Impor
b) Membuka kantor perwakilan atau
cabang
Pembentukan sebuah anak perusahaan yang
dimiliki sepenuhnya disebut sebagai Greenfield Venture atau usaha ladang-hijau.
Tindakan ini merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan
biaya besar, tetapi strategi ini memiliki keunggulan karena memiliki kontrol
maksimum kepada perusahaan sehingga jika berhasil berpotensi memberikan laba di
atas rata-rata. Hal ini secara khusus benar untuk perusahaan yang memiliki
kapabilitas tidak berwujud .
c) Mengeluarkan lisensi asing/kontrak
manufaktur dan alih teknologi
Perusahaan
pemberi Lisensi (Licensor) membuat
persetujuan dengan menerima Lisensi (Licensee) bahwa Licensee memperoleh Hak
untuk menggunakan Proses / Teknologi Produksi, Merk Dagang, Paten dsb, dengan membayar Fee / Royalty kepada Licensor
. Licensor dalam hal ini memperoleh manfaat , yaitu dapat memasuki pasar Asing
dengan Risiko Rendah. Contoh : DISNEYLAND
mengeluarkan Lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya : -
Donald Bebek, Mickeymouse.
d) Melakukan Franchising
Yaitu bentuk
kerjasama tertulis antara pihak Franchisor dan Franchise diberi hak untuk
mendistribusikan Produk atau Jasa tertentu dalam periode dan Wilayah tertentu
serta cara-cara yang ditentukan oleh
Franchisor. Contoh : MC. Donald, KFC.
e) Membuka Usaha Patungan atau Joint
Venture
Investor luar negeri dapat bergabung
investor lkal untuk membentuk usaha patungan dimana mereka membagi kepemilikan
dan control. Perusahaan luar neheri mungkin kekurangan sumber daya finansial
atau manajerial atau manajerial untuk menjalankan usahanya.
f) Melakukan Akuisisi Perusahaan Lain
Akuisisi adalah pengambilan
kepemilikan atau pengendalian atas saham atau asset suatu perusahaan oleh
perusahaan lain, dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambilalih atau yang
diambil alih tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.
Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :
1) Akuisisi dapat menyediakan akses
cepat ke sebuah pasar yang baru.
2) kuisisi dapat memberikan jalan untuk
ekspansi internasional
Kelemahan dari
akuisisi adalah :
1) Pendanaan yang mahal sehingga
seringkali diperlukan pendanaan melalui utang.
2) Negosiasi internasional untuk
akuisis dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan
perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan
informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian
FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT
BISNIS INTERNASIONAL
A. Kekuatan
Yang Mendorong
ü Perbedaan
Sumber Daya Alam.
Karena
beberapa hal sumber daya alam memiliki setiap negara berbeda-beda yang jarang
suatu negara memiliki sumber daya alam yang lengkap dalam memenuhi
kebutuhannya, maka dari itu perdagangan internasional digunakan untuk
pertukaran pemenuhan kebutuhan. Contohnya Indonesia yang banyak mengekspor
tekstil ke Amerika Serikat karena sumber daya alam indonesia yang harganya juga
terbilang murah. Sebaliknya Amerika Serikat mengimpor mobil ke indonesia karena
amerika serikat dapat memproduksi mobil dengan harga murah.
ü Selera
Selera
merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional. Contohnya
indonesia yang menyukai apel australia. hal ini dapat terjadi karena masyarakat
indonesia lebih menyukai apel australia, padahal di indonesia juga memiliki
buah apel yang berada di malang dan tempat lainnya, namun masyarakat indonesia
lebih menyukai apel australia.
ü Penghematan
Biaya Produksi (Efisiensi)
Penghematan
biaya produksi memungkinkan terjadinya perdagangan internasional akibat dari
harga yang murah suatu barang negara lain karena negara lain memproduksi dalam
jumlah besar yang dapat diturunkan karna biasanya produksi dalam jumlah besar
akan lebih murah. Sebenarnya indonesia mampu memproduksi barang yang canggih
namun karena industri lokal yang belum mampu berkembang yang membuat biayanya
menjadi mahal.
ü Perbedaan
Tekonologi
Beberapa
negara yang memiliki teknologi maju yang sebagian besar pula negara belum mampu
menerapkan teknologi maju. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang
dengan harga murah kepada negara yang memiliki teknologi sederhana. Contohnya
indonesia mengimpor mobil dari jepang karena jepang memiliki teknologi
pembuatan mobil yang maju.
B. Kekuatan
Yang Menghambat
ü Tidak
Amannya Suatu Negara
Amannya
suatu negara merupakan pertimbangan terjadinya perdagangan internasional . Jika
negara memiliki kondisi yang aman maka para pedagang akan mendekat namun jika
tidak maka pedagang akan beralih ke negara yang lebih aman. Faktor keamanan
yang memengaruhi para pedagang untuk melakukan perdagangan internasional.
ü Kebijakan
Ekonomi Internasional oleh Pemerintah
Beberapa
kebijakan ekonomi suatu negara yang menghambat kelancaran perdagangan
internasional. Contohnya, pembatasan jumlah impor, pungutan biaya impor/ekspor
yang tinggi, perijinan yang berbelit-belit.
ü Tidak
Stabilnya Kurs Mata Uang Asing
Kurs
mata uang asing yang tidak stabil membuat para eksportir maupun importir
mengalami kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kesulitan dari
hal tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun permintaan dalam
perdagangan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar