Berikut beberapa cara yang bisa bermanfaat untuk
Anda bisa bersaing sehat dalam bisnis ekspor sebagai berikut:
- Pintar dalam Mengamati dan Mengenali Pesaing dan Pasar
Pasar
ekspor sangat penting untuk Anda amati. Terlebih jika Anda adalah eksportir
pemula. Memerhatikan dan membuat strategi yang bagus dalam mengamati pasar akan
sangat berpengaruh pada bisnis ekspor Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa
mengamati dan mengenali perkembangan dari pesaing Anda. Pesaing Anda tidak
hanya berjumlah satu atau dua perusahaan, tetapi sangat banyak.
Anda
bisa mengklasifikasikan pesaing Anda mulai dari pesaing yang mudah dihadapi,
cukup sulit dihadapi, sampai yang sangat sulit dihadapi. Anda harus pintar
dalam mengamati serta mengambil tindakan yang akan dilakukan untuk bisa
bersaing dengan para pesaing dalam bidang bisnis ekspor dan menghadapi pasar
ekspor yang harus bisa Anda taklukan.
- Pintar dalam Memilih Produk untuk Diekspor
Sebagai
eksportir tentunya Anda harus pintar-pintar dalam bersaing dengan eksportir
lainnya, termasuk dalam hal pemilihan produk-produk yang akan dijual ke luar
negeri. Pilihlah produk-produk yang memang laris di pasaran internasional dan
memiliki kualitas yang tinggi. Kualitas tinggi dari sebuah produk menjadi harga
yang tidak terbantahkan karena importir pasti menginginkan produk yang sesuai
dengan pesanan dan memuaskan.
Perbedaan
kualitas produk beberapa persen saja dari pesaing akan berpengaruh pada
kelancaran bisnis ekspor Anda. Pastikan Anda benar-benar mengecek kualitas
produk sebelum diekspor dan tidak mengecewakan pihak importir. Hal ini akan
membuat para importir akan setia memasok produk tertentu dari perusahaan Anda.
- Memasang Harga yang Bersaing
Salah
satu cara bersaing dengan para pesaing adalah memasang harga yang juga
bersaing. Bersaing dalam hal ini bukan berarti akan membuat perusahaan Anda
menjadi rugi. Justru akan tetap memberikan keuntungan, apalagi jika importir
tertarik dengan penawaran harga yang Anda berikan, mereka akan kembali memesan
produk dari perusahaan Anda. Atur masalah harga yang bersaing dengan serius dan
jangan sampai merugikan perusahaan Anda. Anda akan siap bersaing dengan
eksportir lainnya yang juga memasang harga yang ketat.
- Mengenali Kekurangan dan Kelebihan dari Pesaing
Mengetahui,
mempelajari, dan mengenali kekurangan dan kelebihan pesaing tidak masalah untuk
dilakukan. Anda akan bisa belajar menjadi lebih baik dari semua kelebihan yang
dimiliki pesaing dan berusaha melaju lebih jauh dan memenangkan pasar jika
mengetahui kekurangannya. Satu hal yang penting untuk diingat, Anda tidak
menggunakan apa yang Anda ketahui tentang kekurangan pesaing untuk berlaku
curang. Kecurangan tidak akan membuahkan kesuksesan yang pasti, hanya sukses
sesaat yang ujungnya merugi.
Selanjutnya
adalah kelebihan dari pesaing. Jika pesaing Anda memiliki banyak kelebihan,
Anda justru berpeluang untuk belajar dari kelebihan mereka untuk perkembangan
perusahaan. Kelebihan pesaing jangan sampai menjadikan Anda merasa minder dan
tidak mampu untuk bersaing. Perusahaan ekspor Anda pun pasti memiliki kelebihan
yang tidak dimiliki oleh pesaing. Oleh karena itu, Anda harus bisa terus
mengembangkan perusahaan Anda agar memiliki banyak kelebihan yang akhirnya akan
bermanfaat juga untuk perusahaan Anda.
- Pintar dalam Menonjolkan Keunggulan dari Perusahaan Anda
Setiap
perusahaan memiliki keunggulan, begitu juga dengan perusahaan ekspor Anda.
Untuk bisa bersaing dengan para pesaing, salah satunya Anda harus fokus dalam
menonjolkan setiap keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Misalnya
perusahaan Anda merupakan perusahaan ekspor yang hanya mengirim produk
berkualitas dan memiliki layanan yang bagus.
Anda
hanya perlu fokus untuk mempertahankan kedua keunggulan tersebut, dan lebih
bagus lagi jika Anda terus meningkatkan kualitas produk yang diekspor serta
meningkatkan layanan perusahaan. Ketika Anda mampu mempertahankan dan
meningkatkan keunggulan dari perusahaan, maka para importir yang sudah
berlangganan dengan Anda tidak akan kabur, begitu juga dengan para produsen
yang sudah bekerja sama dengan Anda. Mereka akan tetap loyal dan akan terus
melanjutkan kerja sama dengan perusahaan Anda.
- Mengikuti atau Membuat Acara yang Bisa Mempromosikan Perusahaan Anda
Salah
satu cara mempromosikan perusahaan ekspor Anda adalah dengan mengikuti atau
bahkan membuat acara-acara promosi. Umumnya dalam setiap tahun ada beberapa
acara yang bisa Anda ikuti. Gunakan kesempatan tersebut untuk Anda
mempromosikan perusahaan ekspor Anda. Promosikan perusahaan ekspor Anda
semenarik mungkin. Salah satu kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan yaitu
bergabung dengan marketplace dunia salah satunya Alibaba. Melalui media
tersebut Anda memiliki kesempatan untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke
seluruh dunia dengan efisiensi waktu dan biaya. Kabar baiknya adalah Alibaba
kini hadir di Indonesia sehingga asistensi yang diberikan bisa lebih
maksimal. Selain importir atau konsumen yang berdatangan, tidak menutup
kemungkinan ada juga para produsen produk yang memang sedang mencari rekanan
eksportir untuk mengekspor produk mereka.
Hal
ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda. Penawaran-penawaran menarik yang
dipromosikan oleh perusahaan Anda bisa menarik minat importir dan produsen.
Promosi yang menarik pada saat berbagai acara yang Anda ikuti, bisa
meningkatkan kualitas perusahaan Anda yang mampu untuk bersaing dengan
eksportir lainnya.
- Kaya akan Inovasi dan Kreativitas
Sebagai
seseorang yang sudah berhasil mendirikan sebuah bisnis yaitu bisnis ekspor,
inovasi dan kreativitas harus tetap dijaga. Hal ini bisa menjadi modal besar
yang akan membantu Anda dalam menghadapi persaingan dengan para eksportir lain.
Anda harus mampu menghasilkan berbagai terobosan baru melalui daya kreativitas
dan inovasi yang Anda buat guna mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih
baik. Tidak menutup kemungkinan, inovasi dan kreativitas tanpa batas yang terus
Anda hasilkan akan membuat Anda lebih mudah bersaing, lebih percaya diri, dan
tidak kalah dari para eksportir lainnya.
Itulah
beberapa tips dan trik untuk bersaing di dunia ekspor. Persaingan merupakan hal
yang tidak bisa dihindari. Anda dan perusahaan ekspor Anda harus bersiap dengan
persaingan yang terjadi setiap detiknya. Jadikan persaingan sebagai pemicu
semangat Anda untuk bisa mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.
Persaingan memberikan Anda kesempatan untuk berpikir lebih keras, memicu
kreativitas, kuat dalam menghadapi masalah baik kecil maupun besar, dan mendorong
Anda untuk menjadi eksportir yang sukes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar