Jumat, 23 November 2018

Cara Bersaing Di Dunia Ekspor


Berikut beberapa cara yang bisa bermanfaat untuk Anda bisa bersaing sehat dalam bisnis ekspor sebagai berikut:
  1. Pintar dalam Mengamati dan Mengenali Pesaing dan Pasar
Pasar ekspor sangat penting untuk Anda amati. Terlebih jika Anda adalah eksportir pemula. Memerhatikan dan membuat strategi yang bagus dalam mengamati pasar akan sangat berpengaruh pada bisnis ekspor Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa mengamati dan mengenali perkembangan dari pesaing Anda. Pesaing Anda tidak hanya berjumlah satu atau dua perusahaan, tetapi sangat banyak.
Anda bisa mengklasifikasikan pesaing Anda mulai dari pesaing yang mudah dihadapi, cukup sulit dihadapi, sampai yang sangat sulit dihadapi. Anda harus pintar dalam mengamati serta mengambil tindakan yang akan dilakukan untuk bisa bersaing dengan para pesaing dalam bidang bisnis ekspor dan menghadapi pasar ekspor yang harus bisa Anda taklukan.
  1. Pintar dalam Memilih Produk untuk Diekspor
Sebagai eksportir tentunya Anda harus pintar-pintar dalam bersaing dengan eksportir lainnya, termasuk dalam hal pemilihan produk-produk yang akan dijual ke luar negeri. Pilihlah produk-produk yang memang laris di pasaran internasional dan memiliki kualitas yang tinggi. Kualitas tinggi dari sebuah produk menjadi harga yang tidak terbantahkan karena importir pasti menginginkan produk yang sesuai dengan pesanan dan memuaskan.
Perbedaan kualitas produk beberapa persen saja dari pesaing akan berpengaruh pada kelancaran bisnis ekspor Anda. Pastikan Anda benar-benar mengecek kualitas produk sebelum diekspor dan tidak mengecewakan pihak importir. Hal ini akan membuat para importir akan setia memasok produk tertentu dari perusahaan Anda.
  1. Memasang Harga yang Bersaing
Salah satu cara bersaing dengan para pesaing adalah memasang harga yang juga bersaing. Bersaing dalam hal ini bukan berarti akan membuat perusahaan Anda menjadi rugi. Justru akan tetap memberikan keuntungan, apalagi jika importir tertarik dengan penawaran harga yang Anda berikan, mereka akan kembali memesan produk dari perusahaan Anda. Atur masalah harga yang bersaing dengan serius dan jangan sampai merugikan perusahaan Anda. Anda akan siap bersaing dengan eksportir lainnya yang juga memasang harga yang ketat.
  1. Mengenali Kekurangan dan Kelebihan dari Pesaing
Mengetahui, mempelajari, dan mengenali kekurangan dan kelebihan pesaing tidak masalah untuk dilakukan. Anda akan bisa belajar menjadi lebih baik dari semua kelebihan yang dimiliki pesaing dan berusaha melaju lebih jauh dan memenangkan pasar jika mengetahui kekurangannya. Satu hal yang penting untuk diingat, Anda tidak menggunakan apa yang Anda ketahui tentang kekurangan pesaing untuk berlaku curang. Kecurangan tidak akan membuahkan kesuksesan yang pasti, hanya sukses sesaat yang ujungnya merugi.
Selanjutnya adalah kelebihan dari pesaing. Jika pesaing Anda memiliki banyak kelebihan, Anda justru berpeluang untuk belajar dari kelebihan mereka untuk perkembangan perusahaan. Kelebihan pesaing jangan sampai menjadikan Anda merasa minder dan tidak mampu untuk bersaing. Perusahaan ekspor Anda pun pasti memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing. Oleh karena itu, Anda harus bisa terus mengembangkan perusahaan Anda agar memiliki banyak kelebihan yang akhirnya akan bermanfaat juga untuk perusahaan Anda.
  1. Pintar dalam Menonjolkan Keunggulan dari Perusahaan Anda
Setiap perusahaan memiliki keunggulan, begitu juga dengan perusahaan ekspor Anda. Untuk bisa bersaing dengan para pesaing, salah satunya Anda harus fokus dalam menonjolkan setiap keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Misalnya perusahaan Anda merupakan perusahaan ekspor yang hanya mengirim produk berkualitas dan memiliki layanan yang bagus.
Anda hanya perlu fokus untuk mempertahankan kedua keunggulan tersebut, dan lebih bagus lagi jika Anda terus meningkatkan kualitas produk yang diekspor serta meningkatkan layanan perusahaan. Ketika Anda mampu mempertahankan dan meningkatkan keunggulan dari perusahaan, maka para importir yang sudah berlangganan dengan Anda tidak akan kabur, begitu juga dengan para produsen yang sudah bekerja sama dengan Anda. Mereka akan tetap loyal dan akan terus melanjutkan kerja sama dengan perusahaan Anda.
  1. Mengikuti atau Membuat Acara yang Bisa Mempromosikan Perusahaan Anda
Salah satu cara mempromosikan perusahaan ekspor Anda adalah dengan mengikuti atau bahkan membuat acara-acara promosi. Umumnya dalam setiap tahun ada beberapa acara yang bisa Anda ikuti. Gunakan kesempatan tersebut untuk Anda mempromosikan perusahaan ekspor Anda. Promosikan perusahaan ekspor Anda semenarik mungkin. Salah satu kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan yaitu bergabung dengan marketplace dunia salah satunya Alibaba. Melalui media tersebut Anda memiliki kesempatan untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke seluruh dunia dengan efisiensi waktu dan biaya. Kabar baiknya adalah Alibaba kini hadir di Indonesia sehingga asistensi yang diberikan bisa lebih maksimal.  Selain importir atau konsumen yang berdatangan, tidak menutup kemungkinan ada juga para produsen produk yang memang sedang mencari rekanan eksportir untuk mengekspor produk mereka.
Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda. Penawaran-penawaran menarik yang dipromosikan oleh perusahaan Anda bisa menarik minat importir dan produsen. Promosi yang menarik pada saat berbagai acara yang Anda ikuti, bisa meningkatkan kualitas perusahaan Anda yang mampu untuk bersaing dengan eksportir lainnya.
  1. Kaya akan Inovasi dan Kreativitas
Sebagai seseorang yang sudah berhasil mendirikan sebuah bisnis yaitu bisnis ekspor, inovasi dan kreativitas harus tetap dijaga. Hal ini bisa menjadi modal besar yang akan membantu Anda dalam menghadapi persaingan dengan para eksportir lain. Anda harus mampu menghasilkan berbagai terobosan baru melalui daya kreativitas dan inovasi yang Anda buat guna mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Tidak menutup kemungkinan, inovasi dan kreativitas tanpa batas yang terus Anda hasilkan akan membuat Anda lebih mudah bersaing, lebih percaya diri, dan tidak kalah dari para eksportir lainnya.
Itulah beberapa tips dan trik untuk bersaing di dunia ekspor. Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Anda dan perusahaan ekspor Anda harus bersiap dengan persaingan yang terjadi setiap detiknya. Jadikan persaingan sebagai pemicu semangat Anda untuk bisa mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Persaingan memberikan Anda kesempatan untuk berpikir lebih keras, memicu kreativitas, kuat dalam menghadapi masalah baik kecil maupun besar, dan mendorong Anda untuk menjadi eksportir yang sukes.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar