Jumat, 18 Januari 2019

Soal PG dan Essay Tentang Sistem Informasi Dan Riset Pemasaran Global


Soal PG
1.      Riset pemasaran adalah?
a.         Pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan sistematis akan data-data mengenai masalah-masalah pemasaran guna mempermudah dalam pengambilan keputusan.
b.         Teknik-teknik lanjutan untuk menganalisis data dan persoalan-persoalan yang terjadi pada pemasaran.
c.         Melatih dan memotivasi tenaga penjualnya agar mereka melihat sendiri dan melaporkan segala perkembangan yang terjadi.
d.        Perangkat prosedur dan sumber yang dimanfaatkan oleh manajemen untuk memperoleh informasi harian mengenal perkembangan penting dan berkaitan pada lingkungan pemasaran.
Jawaban: A

2.      Kategori Sistem Intelijen Bisnis Global, Kecuali :
a.       Pasar.
b.      Nilai tukar mata uang asing.
c.       Observasi.
d.      A dan C benar.
Jawaban: C

3.      Riset pemasaran yang baik secara ilmiah adalah…
a.         Menggambarkan hubungan model dengan data.
b.         Menghasilkan nilai informasi.
c.         Salah semua.
d.        Benar semua.
Jawaban: D

4.      Sistem informasi pemasaran adalah…
a.       Orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran.
b.      Seperangkat prosedur yang digunakan para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran.
c.       Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya atau sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Dimana sistem tersebut merupakan kombinasi teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.
d.      Semua Jawaban benar.
Jawaban: A

5.      Menguji hipotesis, hubungan sebab akibat adalah masalah dan tujuan riset dari…
a.       Riset Deskripsi.
b.      Riset Kausal.
c.       Riset Exploratif.
d.      Riset Pemasaran.
Jawaban: B

6.      Peran sistem informasi pemasaran adalah…
a.       Data internal perusahaan.
b.      Menilai informasi yang dibutuhkan manajer, membangun informasi yg dibutuhkan, dan mendistribusikan informasi tersebut dengan tepat waktu.
c.       Analisis Keputusan pemasaran.
d.      Semua jawaban benar.
Jawaban: B

7.      Perusahaan riset terbesar didunia…
a.       ACNielsen Corp. (US).
b.      GfK AG (Germany).
c.       Cognizant Corp. (US).
d.      A dan C benar.
Jawaban: A

8.      Pendekatan riset ada berapa :
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
Jawaban: C

9.      Data Internal Perusahaan, Aktivitas Intelejen Pemasaran, Riset Pemasaran, Analisis Keputusan Pemasaran adalah :
a.       Informasi.
b.      Pendekatan riset.
c.       Riset pemasaran yang baik.
d.      Pengambilan riset.
Jawaban: A
          
10.  Berikut adalah contoh dari data:

Pendekatan Riset
Metode
Rencana Sampling
Instrumen Penelitian
Observasi
Surat
Unit Sampling
Kuesioner
Survei
Telepon
Ukuran Sampel
Instrumen Mekanis
Eksperimen
Personal Online
Prosedur Sampling

a.         Sumber Data primer.
b.         Sumber Data sekunder
c.         Sumber Data primer dan sekunder.
d.        Pendekatan riset.
Jawaban: A

11.  Yang bukan merupakan riset pemasaran yang baik yaitu…
a.         Ilmiah, Kreatif, Bersifat Skeptis.
b.         Inovatif, Meniru, Bersifat apatif.
c.         Etis,  Menghasilkan nilai informasi, Kreatif.
d.        Meniru, Etis, Bersifat Skeptis.
Jawaban: B

12.  Peran sistem informasi pemasaran kecuali…
a.       Mendistribusikan informasi dengan tepat waktu.
b.      Membangun informasi yang dibutuhkan.
c.       Menilai informasi yang dibutuhkan karyawan.
d.      Memberikan informasi yang dibutuhkan.
Jawaban: C

13.  Yang termasuk enam kategori sistem intelijen bisnis global yaitu…
a.       Pasar.
b.      Ekspor & Impor
c.       Nilai tukar mata uang asing.
d.      A dan C benar.
Jawaban: D

14.  Urutan dari proses riset pemasaran yaitu…
a.       Merencanakan masalah, Mengembangkan masalah, Menyajikan hasil temuan, Menganalisis masalah.
b.      Mendefinisikan masalah, Mengembangkan rencana, Mengumpulkan informasi,        Menyajikan  hasil temuan, Menganalisis informasi.
c.       Mendefinisikan sasaran riset, Mengumpulkan informasi, Mengembangkan rencana, Menyajikan hasil temuan, Menganalisis informasi.
d.      Mendefinisikan, Merencanakan masalah, Mengembangkan masalah, Mengumpulkan masalah, Menyajikan hasil temuan.
Jawaban: B

15.  Orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran merupakan pengertian dari…
a.       Sistem Informasi Bisnis.
b.      Sistem Informasi Pemasaran. *
c.       Sistem Komunikasi Pemasaran.
d.      Sistem Komunikasi Bisnis.
Jawaban: B

16.  Suatu rancangan yang sistematis, koleksi analisis, dan laporan data dan temuan yang relevan terhadap situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan disebut….
a.         Riset bisnis.
b.         Manajemen pemasaran.
c.         Riset Pemasaran *
d.        Manajemen Bisnis.
Jawaban: C

17.  Pendekatan Riset terdiri dari…
a.       Observasi, Data primer, Data sekunder.
b.       Survei, Searching data, Eksperimen.
c.       Data Sekunder, Observasi, Experimen.
d.      Observasi, Survei, Experimen.
Jawaban: D

18.  Dalam sistem informasi pemasaran, informasi bisa didapatkan dari…
a.       Data Eksternal Perusahaan.
b.      Aktivitas Intelejen Pemasaran.
c.       Riset Bisnis.
d.      Data Internal Perusahaan.
Jawaban: B

19.  Mencari masalah dan menerapkan ide baru disebut riset…
a.       Deskriptif.
b.      Experimen.
c.       Kausal.
d.      Eksploratif.
Jawaban: D

20.  Seperangkat prosedur yang digunakan para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran disebut dengan…
a.       Sistem intelijen pemasaran *
b.      Aktivitas riset penelitian.
c.       Sistem riset pemasaran,
d.      Sistem Informasi Pemasaran.
Jawaban: A


Essay
1.      Sebutkan dan Jelaskan Perusahaan riset pemasaran!
Jawaban:
a.         Perusahaan riset jasa – sindikasih : perusahaan- perusahaan ini mengumpulkan informasi perdagangan dan konsumen yang kemudian dijual dengan menggunakan uang jasa (fee).
b.         Perusahaan riset pemasaran sesuasi pesanan : perusahan- perusahan ini dipakai untuk menghasilkan riset khusus. Mereka merancang penelitian itu dan melaporkanhasil-hasil temuannya.
c.         Perusahaan riset pemasaran lini- terspesialisasi : perusahaan ini member jasa riset yang terspesialisasi.

2.      Sebutkan cara pengumpulan untuk memperoleh pendekatan riset data primer?
Jawaban:
a.       Riset Observasi.
b.      Riset Kelompok Fokus.
c.       Riset Suvei.
d.      Data Perilaku.
e.       Data Eksperimen.

3.      Mengapa banyak perusahaan yang masih saja gagal memanfaatkan riset pemasaran secara memadai atau tepat?
Jawaban:
Karena konsepsi riset pemasaran yang sempit, periset pemasaran yang tidak cakap, kurang baik dalam menempatkan masalah, hasil temuan riset pemasaran terkadang terlambat dan terkadang salah, perbedaan kepribadian dan penyajian.

4.      Apa tujuan dari sistem informasi manajemen?
Jawaban:
Memberi para manajer dan pengambil keputusan lainnya arus informasi yang berkelanjutan mengenai pasar, pelanggan, pesaing, dan operasi perusahaan.

5.      Jelaskan pengertian dari Manajemen Pemasaran Global!
Jawaban:
Manajemen Pemasaran Global adalah studi ilmu yang mempelajari tentang Planning, Organitation, Actualing,Controling dalam suatu kegiatan bisnis yang dirancang untuk tujuan menentukan harga,promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen secara menyeluruh.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar